SHARING : Pengalaman Garansi Monitor Dell 3 Tahun (Ganti Baru & Layanan Antar) - part 01

Garansi Monitor Dell 3 Tahun Ganti Baru...??? Nyata atau hanya Janji?
Om Swastiastu.

Halo sahabat blogger, bertemu lagi dengan KUTUbuku-vlog.blogspot.co.id

     Kali ini, saya ingin share pengalaman pribadi mengenai layanan Hotline Service Garansi (1500-858) dari brand Dell.

     Disini saya ingin menceritakan pengalaman saya setelah membeli salah satu Monitor keluaran Dell yang ternyata mengalami masalah layar kekuningan atau biasa di sebut dengan Yellow Tint (maaf jika salah).

==[ Harap di perhatikan ]==
- Tulisan ini saya buat hanya sebagai media sharing pengalaman dan bukan untuk menjelek-jelekkan ataupun mengunggulkan ataupun membandingkan sebuah brand produk / toko tertentu.
- Saya hanya seorang customer biasa yang menggunakan salah satu product dari Dell dan bukan merupakan penjual/pemasar/sellest/perwakilan dari brand tertentu.
- KUTUbuku-vlog.blogspot.co.id tidak pernah mendapatkan royalti ataupun bayaran ataupun fee ataupun sejenisnya dari pihak Dell atau brand manapun untuk memuat tulisan ini.
- Diharapkan kebijakan dari para pembaca dan pengunjung KUTUbuku-vlog.blogspot.co.id mengenai tulisan saya ini.
==[ Harap di perhatikan ]==
  
Part 01 - Awal Kisah ini bermula

Minggu, 20 November 2016

     Pada tanggal ini, dengan persetujuan dari Istri tercinta, saya membeli lagi 1 unit Monitor Dell U2515H yang akan saya jadikan konfigurasi Dual Monitor dengan Monitor Dell saya yang sebelumnya (pembelian Juli 2015).

     Karena sebelumnya saya sudah memiliki monitor dengan seri yang sama (Dell U2515H), jadi sedikit banyak saya pribadi sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari monitor ini.

Pertanyaan :
- Kenapa saya lebih memilih Dell? Bukan Asus/Samsung/Benq/LG dll...???
- Kenapa harus seri U (UltraSharp)? Bukan seri P atau S atau seri lainnya?
- Kenapa pilih yang 25 inch? Bukan 23", 24", 27" atau sekalian 32"....???
- Kenapa ini....? kenapa itu...?

Jawaban saya cukup sederhana*
* mungkin jawaban ini tidak masuk katagori sederhana.

- Dengan ukuran 25" dan resolusi 2560 pixel x 1440 pixel x 60Hz harga 4,6 juta - 5,2 jutaan, saya rasa sepadan. Walaupun harus menguras kantong....huhuhuhuhu.....
- Build quality monitor Dell tidak perlu diragukan lagi. Cukup kokoh untuk monitor dikelasnya. Bahkan bisa di katakan premium bagi saya.
- Saya butuh monitor yang mampu menampilkan warna yang "akurat dan baik" untuk mendukung pekerjaan saya dalam mencari nafkah bagi keluarga dan hal itu saya temukan pada monitor ini (pendapat pribadi).
- Banyak review positif yang saya temukan baik dari dalam maupun luar negeri mengenai monitor ini. Walaupun ada juga yang memberi pendapat negatif.
- dan yang pasti, dana saya saat ini tidak mampu untuk membeli Apple Cinema Display yang harganya sangat W.O.W bagi saya. Jadi paling tidak, monitor ini bisa mengobati ketidak mampuan saya tersebut...hahahahaha....!!!sedih

dan tentunya "mungkin" karena sticker ini juga
Sticker Garansi Dell Selama 3 Tahun Penuh. Ganti Unit & Layanan Antar
     Yap, betuuuuul...Dell memberikan jaminan Garansi Product selama 3 tahun penuh ( *syarat dan ketentuan berlaku ).
Jadi, andaikan monitor yang saya beli rusak atau cacat produksi (diluar faktor kesalahan pengguna), saya hanya perlu :
- menghubungi Hotline Service Dell di (kode area) 1500-858
- ngobrol dan curhat masalah monitor yang bermaslah dengan mbak / mas CS Dell
- lengkapi persyaratan yang diminta
- pengajuan pergantian produk di penuhi
- tinggal menunggu penggantinya datang

Hanya itu...???

     Biasanya akan dibutuhkan 2 - 5 hari kerja mulai dari kita konfirmasi penggantian barang ke pihak Dell hingga barang pengganti tersebut datang. Tentunya jangka waktu npengiriman barang tergantung juga dari expedisi yang di gunakan dan faktor lokasi dan geografi yang dituju oleh kurir itu sendiri.

     Paling tidak, selama 3 tahun kedepan saya tidak perlu merasa cemas terhadap produk yang saya beli jika mengalami kerusakan (non human error) ataupun cacat setelah di pergunakan. Suami senang Istri juga tenang...! Dompet...apalagi...hahahahaha

 
Skip Skip Skip............

     Perburuan pun saya mulai dari memasuki situs toko Online untuk kembali membandingkan harga tiap toko hingga akhirnya saya menemukan toko yang menjual Monitor Dell U2515H dengan harga 4,8 jutaan. Dan bagusnya lagi, toko itu masih satu daerah dengan tempat saya tinggal. Mantap tenan...!!! Irit Ongkir

     Beberapa pertanyaan pun saya ajukan ke pihak toko mengenai Revisi dan Manufactured Date monitor tersebut dan juga pertanyaan lainnya (termasuk diskon dan promo jika ada) hingga akhirnya saya mantap dan yakin lahir batin untuk membeli disana.


Sabtu, 26 November 2016
BBM Pertamax Full....
Dana di dompet pas....
Berdoa.......
langsung tarik gas motor meluncur ketoko untuk menebus monitor incaran.
Setiba dilokasi, saya langsung bertemu dengan pemilik toko dan perbincangan pun terjadi.
Namun sayang sungguh di sayang, ternyata monitor yang akan saya beli, masih berada di Surabaya dan di janjikan akan tiba pada tanggal 28 November 2016. sabar.....

     Karena sudah terlajur kesana, sayapun membayar lunas monitor tersebut dan memastikan ke pemilik toko bahwa monitor itu pasti datang pada tanggal yang di janjikan sebelumnya.

     Mengenai Garansi 3 Tahun Ganti Unit dan Layanan Antar dari Dell itupun juga dengan suara yang tegas dan keyakinan yang mantap dibenarkan oleh pihak toko. Jadi saya sebagai pembeli akan merasa aman karena jaminan garansi tersebut.Pokonya tenang....aman...

Senin, 28 November 2016
     Saat sedang asiknya berkelut dengan pekerjaan kantoran, tiba-tiba pihak toko menghubungi dan mengabarkan bahwa monitor pesanan saya sudah bisa saya ambil. Akhirnya......
Box Monitor Dell U2515H
     Monitor pun saya terima dan karena kondisi toko yang sedang ramai pengunjung dan sempitnya bangunan toko, akhirnya saya langsung angkut monitor tersebut pulang.
Bongkar dus, sekilas cek fisik dan kelengkapan, setup, kemudian saya sandingkan dengan monitor Dell U2515H saya yang sudah lebih dulu diatas meja kerja saya yang mungil dan sederhana.

- Kali ini saya mendapatkan monitor dengan Rev A02 dan Manufactured Date : Jan. 2016.
- Monitor pertama yang sebelumnya sudah bertengger di meja kerja adalah Rev A01 Manufactured Date : Mar. 2015
- Jadi umur kedua monitor ini terpaut hampir 1 tahun.

     Disini saya langsung mencoba fitur Daisy Chain lewat Display Port (DP) untuk mendapatkan penataan kabel yang lebih rapi mengingat luas meja kerja yang sempit.
Tampilan layar desktop Windows 10 tampak mengesankan dan keduanya mampu berjalan mulus di 2560 x 1440 x 60Hz.
Dual Set-Up Monitor Dell U2515H dengan VGA Zotac GTX 750ti - Lancar Jaya
Baca Juga : Fitur Daisy Chain Dell U2515H
fitur Daisy Chain dengan kabel Display Port
     Awalnya saya sempat ragu jika VGA Zotac GTX 750ti 2Gb yang terpasang di PC saya mampu menangani resolusi 2 x 2560p x 1440p di 60Hz. Namun keraguan saya itupun terbantahkan setelah kedua monitor ini mampu menyala dan menampilkan Windows Desktop dengan baik tanpa Dead Pixel / Stuck Pixel dan dengan Light Bleeding yang sangat minim.

Namun, kekaguman saya pun langsung hilang dan masalah pun dimulai...walah...walah...walah

Kita sebut saja :
Monitor 1 - Monitor Dell U2515H Rev A01 Mar.2015 (yang lama)
Monitor 2 - Monitor Dell U2515H Rev A02 Mar.2016 (yang baru saya beli)

     Setelah saya coba melakukan setting warna, kecerahan dan kontras pada monitor 2 dengan menyamakan setting dari monitor 1, ternyata monitor yang baru ini (monitor 2) terlihat sedikit kekuningan, atau biasa di sebut Yellow Tint (dalam dunia permonitoran).

     Entah ini disebabkan karena perbedaan Revisi dan Tahun pembuatan / cacat produksi? entahlah...ilmu permonitoran saya belum menjangkau itu.

Beberapa cara yang sudah saya coba :
- Mencoba Present Mode yang berbeda
- Hapus ICC Profile bawaan Dell
- Menggunakan ICC Profile dari situs TFTCentral
- Update Driver VGA
- Menghapus driver VGA dan Instal Ulang Driver yang terbaru
- Factory Reset kedua Monitor
- Kalibrasi manual
- Tukar kabel DP
- Ganti ke kabel HDMI
- Mencoba mode Extend Display dan Duplicate Display
- Hanya menghidupkan Monitor 2 dan langsung di hubungkan ke port HDMI pada VGA
- Hanya menghidupkan Monitor 2 dan langsung di hubungkan ke port DP pada VGA
- Coba hubungkan ke laptop dengan kabel HDMI

     Semua cara diatas masih gagal dan monitor 2 (baru) masih tempak lebih kuning jika di bandingkan monitor 1 (lama).
Perbedaannya paling terlihat jika saya menggunakan latar belakang berwarna putih.
Saya mencoba dengan membuka 1 aplikasi text dan melebarkannya hingga menutupi kedua monitor.
Monitor Dell U2515H malah Yellow Tint...aaaahhhhhh 

coba menggunakan background putih pada aplikasi Mozila Firefox

dengan background putih penuh...sangat jelas terlihat kekuningan

langsung lemas bray...pusing mikirin kalibrasi yang tak kunjung memutih...keringat dingin
Istripun membenarkan pendapat saya bahwa Monitor 2 (baru) terlihat lebih kuning di bandingkan Monitor 1 (lama).
dibandingkan dengan layar laptop pun masih terlihat perbedaannya
     Bahkan saat saya sandingkan dengan layar laptop Acer M5-481TG, monitor Dell U2515H yang baru (monitor 2) masih terlihat kekuningan. waduuuuhhhh....makin lemas...

Selasa, 29 November 2016
Sebelum saya menghubungi Dell Hotline Service, saya coba terlebih dahulu menghubungi pihak toko guna mengklarifikasi masalah Yellow Tint ini dan berharap mereka bisa memberikan solusi terbaik bagi saya, mengingat monitor ini masih baru.

Diluar dugaan, pihak toko pun langsung menanggapi dengan serius masalah saya ini dan meminta saya mengirimkan beberapa foto dan data diri sebagai klaim garansi ke Dell Pusat Jakarta :

- Foto monitor yang tampak bermasalah
- Foto Service Tag dan Serial Number yang tertera di belakang monitor
- Alamat lengkap serta Kode Pos
- Alamat Email dan No Tlp

Setelah syarat diterima, pemilik tokopun langsung menghubungi pihak Dell Pusat Jakarta saat itu juga untuk mengklarifikasi kebenaran masalah saya dan meminta dijadwalkan pengiriman monitor pengganti kemudian menginfokan kesaya langsung bahwa monitor pengganti akan dikirimkan kurang lebih 4 hari setelah klaim garansi diterima pihak Dell.

2 Thumbs Up untuk Toko ini

Hebatnya lagi, mereka juga akan menyiapkan monitor pengganti yang akan dikirmkan pada tanggal 5 Desember 2016 nanti dari distributor Surabaya apabila monitor yang di janjikan oleh Dell Pusat di Jakarta mengalami keterlambatan atau monitor tersebut memiliki masalah yang sama atau bahkan lebih buruk dari monitor yang di klaim sebelumnya.

+2 Thumbs Up lagi untuk Toko ini 
(bingung cari pinjaman jempol)

Langsung merasa seperti pelanggan VIP walaupun baru pertama kali saya berbelanja di toko itu.

Jika memang Garansi 3 Tahun Ganti Unit dan Layanan Antar dari pihak Dell sehebat yang digembar - gemborkan selama ini, saya rasa tidak ada salahnya bagi saya membayar "sedikit" lebih mahal untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik.
Dari beberapa reverensi forum mengenai Garansi Dell ini, banyak saya temukan komentar positif yang mereka tuliskan sehubungan dengan pelayanan Dell terhadap para konsumennya. Walaupun, masih ada beberapa orang yang merasa "tidak puas" dengan pelayanan Dell. Namun saya tidak akan membahas itu lebih jauh.

Dan sekali lagi saya tegaskan.
==[ Harap di perhatikan ]==
- Tulisan ini saya buat hanya sebagai media sharing pengalaman dan bukan untuk menjelek-jelekkan ataupun mengunggulkan ataupun membandingkan sebuah brand produk / toko tertentu.
- Saya hanya seorang customer biasa yang menggunakan salah satu product dari Dell dan bukan merupakan penjual/pemasar/sellest/perwakilan dari brand tertentu.
- KUTUbuku-vlog.blogspot.co.id tidak pernah mendapatkan royalti ataupun bayaran ataupun fee ataupun sejenisnya dari pihak Dell atau brand manapun untuk memuat tulisan ini.
- Diharapkan kebijakan dari para pembaca dan pengunjung KUTUbuku-vlog.blogspot.co.id mengenai tulisan saya ini.
===[ Harap di perhatikan ]==

Hingga saat ini, saya masih menggunakan monitor Dell dengan Yellow Tint sembari menunggu monitor yang di janjikan oleh pihak Dell ataupun pihak Toko datang.

Bagaimana kelanjutannya dari masalah Monitor Dell U2515H dengan masalah Yellow Tint saya ini?

Langsung ke SHARING : Garansi Monitor Dell 3 Tahun (Ganti Baru & Layanan Antar) - part 02

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan ataupun pengalaman dengan Garansi Dell, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, dan dengan senang hati saya akan menjawabnya sebisa mungkin.

Terimakasih

Om Santih, Santih, Santih Om