Ketahui Dulu Dasar Dasar Forex sebelum Memulai Trading


Barangkali di antara anda pernah mendengar informasi entah dari internet atau dari sumber yang lain, bahwa trading forex disebut memberikan janji-janji yang muluk-muluk, seperti misalnya belajar forex itu mudah dan dalam waktu yang singkat dapat menghasilkan keuntungan yang besar sekali.

Atas pernyataan diatas bahwa hal itu tentu saja ada benarnya, Anda pasti bisa mendapatkan keuntungan diatas rata-rata dalam perdagangan valuta asing, bahkan hanya jika ada perubahan harga terkecil dengan pair atau pasangan mata uang yang sesuai sudah dapat memberi Anda keuntungan yang besar. Hal inilah yang sering menyamarkan resiko yang ada pada perdagangan mata uang.

Keuntungan tentu saja bisa Anda dapatkan, tetapi Anda harus menyusun suatu system trading untuk mengatur berapa target keuntungan dan pembatasan kerugian Anda.

Pernyataan bahwa seseorang dapat belajar trading forex dengan cepat dengan cara yang sederhana adalah mitos. Memang lebih banyak orang yang memberi kesaksian tentang sukses mereka dibandingkan dengan kegagalan mereka, tapi terkadang lebih banyak mengenai keberuntungan daripada analisa mereka yang akurat. Jangan salah paham, saya tidak menyangkal seseorang bisa sukses, karena di bursa saham maupun perdagangan mata uang hanya ada dua; kenaikan atau penurunan harga, jadi Anda memiliki perbandingan kesempatan 50:50.

Awalnya saya juga berpikir bahwa trading forex itu sederhana, kemudian saya buka account melalui broker dan menyetor uang yang tidak terlalu banyak sebagai modal awal. Saya membeli saham CFD, komoditas seperti minyak atau emas, dan kemudian mulai mencoba forex dengan pair EUR/USD, dan saya sukses pada saat itu. Equity account saya menjadi empat kali lipat hanya dalam waktu 2 minggu, jadi saya mendapat keuntungan 400% dan saya berpikir “Mendapat keuntungan disini mudah! Saya bodoh tidak segera memulainya dari dulu!” Saya pikir jika saya simpan lebih banyak modal pada account saya, akan lebih besar keuntungan yang bisa saya dapatkan. Kemudian saya menyetor lebih banyak dana pada account trading saya, seminggu pertama berjalan seperti apa yang saya harapkan, tapi setelah itu harapan saya sirna seiring dengan modal saya yang mulai habis. Pasar keuangan berubah dan berlawanan dengan posisi transaksi yang saya ambil. Itulah saat dimana saya mulai menyadari bahwa trading forex tidak semudah yang saya pikirkan dan saya mulai mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Apakah saya telah melakukan sesuatu yang berbeda? Mengapa pasar bereaksi seperti itu? Apa yang luput dari pengamatan saya? Apakah mungkin transaksi saya diawasi dan harga dimanipulasi oleh pihak broker? Dari pemikiran ini saya mulai mencari tahu diinternet dan di forum-forum, hasilnya banyak yang menyarankan supaya saya tetap melanjutkan trading karena semua pemikiran saya salah.

Saya belajar jika ingin berpartisipasi sebagai investor ritel kecil, Anda harus memperhitungkan bahwa banyak orang terlibat dipasar forex. Kita harus memiliki dasar-dasar analisa teknikal forex sehingga tahu waktu yang tepat untuk melakukan transaksi. Inilah jawaban dari pertanyaan saya diatas.

Berdasarkan pengalaman saya ini, sangat mungkin mendapatkan keuntungan dari perdagangan mata uang atau valuta asing, tapi memang tidak mudah, untuk sukses dalam trading forex, Anda harus mempunyai sikap disiplin dan pengetahuan dasar dalam mengamati aktivitas pasar.

Saya menulis artikel ini supaya Anda mengetahui positif dan negatifnya perdagangan mata uang. Dengan artikel dan tips yang ada di blog ini, saya berharap pengetahuan trading forex Anda semakin meningkat. Sehingga kesalahan yang pernah saya buat menjadikan pengalaman bagi Anda juga agar tidak berbuat kesalahan yang sama.

Bagaimana cara terbaik memulai trading forex?

Hal yang paling penting adalah mencari pengetahuan dasar belajar forex. Mendapatkan gambaran dan membiasakan diri dengan teori seputar trading. Kenali terminologi dan metode analisa pasar. Cari artikel-artikel seputar dasar-dasar perdagangan mata uang untuk mendapatkan pemahaman dasar mengenai analisa fundamental dan analisa grafik untuk membantu Anda melakukan transaksi trading. Akhirnya, selamat belajar!!

Info di atas sebenarnya bisa menambah beberapa juta rupiah di daftar asset Anda. Belum tau caranya? Yup.. Salah satunya lewat trading forex.
Udah ahli tapi tidak berani trading besar-besaran karena pakai broker Lokal? Kalau broker lokal, komisi nya besar banget? Coba dulu di demo account dengan KOMISI TERMURAH! Coba rekomendasi demo accountnya disini

Mengenal Perbedaan Antara Demo dan Real Account Forex

Banyak trader menganggap ada perbedaan yang signifikan ketika mereka membandingkan hasil transaksi demo account dan account riil.

Hampir semua trader merasa lebih mudah mendapatkan keuntungan pada akun demo. Ada yang begitu putus asa sehingga mereka menyalahkan pihak broker atas kegagalan mereka dan menuduh menjalankan kontrak yang tidak benar atau memanipulasi pasar ketika trading menggunakan real account.

Yang benar adalah hanya faktor mentalitas Anda ketika mendapat untung dalam demo dan bertanggung jawab atas kerugian dalam akun riil. Saya ingin berbagi tips untuk mengatasi masalah ini.

tutorial forex, belajar trading forex, cara belajar forex,belajar forexApakah Anda pernah bertransaksi menggunakan uang sungguhan? Ingatkah jika jantung Anda berdetak lebih cepat ketika Anda buka posisi pertama kali pada akun riil?

Persiapkan diri Anda untuk trading dengan uang sungguhan dengan Broker FBS yang sudah terpercaya Di seluruh dunia

Sebelum Anda bertransaksi, Anda harus menyadari bahwa trading dengan uang sungguhan berarti bahwa Anda sudah kehilangan uang. Pengetahuan ini penting, supaya Anda tidak menggunakan uang yang Anda butuhkan untuk trading forex. Selain itu, Anda harus menetapkan batasan resiko per transaksi (misalnya, 2% dari modal akun riil Anda).

Faktanya adalah bahwa kita tidak selalu melakukan apa yang kita rencanakan. Saya sendiri sebagai trader juga pernah mengalami kerugian pada akun riil.  Tidak ada orang yang sempurna.

Perbedaannya hanya ketika saya bertransaksi dengan uang sungguhan, saya memutuskan untuk berkonsentrasi HANYA PADA PELAKSANAAN TRADING, bukan pada saldo rekening. Pengaturan ini meningkatkan hasil transaksi saya.

Sayangnya banyak trader tidak menyadari saat membuka akun riil, bahwa mereka mungkin kehilangan uang pada setiap transaksinya.

Setelah Anda membuka posisi pertama kali dan pasar mulai bergerak melawan posisi Anda, Anda membuat keputusan perdagangan hanya berdasarkan emosi.

Siapkan diri untuk kerugian yang akan datang

Kebanyakan orang ketika mendapat kerugian menyebabkan perasaan negatif dan emosi. Saya sarankan agar Anda mempersiapkan diri dan berteman dengan pemikiran bahwa Anda mungkin kehilangan uang di pasar.

Untuk membatasi kerugian, selalu tempatkan stop loss pada setiap transaksi Anda. Terkena stop loss jauh lebih mudah kita terima dibandingkan jika dana langsung habis.

Saya yakinkan Anda bahwa masih banyak cara untuk berhasil dalam perdagangan forex, Biasakan hal itu.!

Jangan selalu diingat berapa banyak uang yang telah diambil dari akun riil Anda pada setiap transaksinya akan tetapi berapa keuntungan yang bisa  Anda dapatkan!

Saya yakin bahwa pemikiran itu tergantung kekuatan masing-masing trader, apakah kerugian mempengaruhi dirinya secara emosional atau tidak.

Hanya dengan batasan risiko yang telah Anda tetapkan, Anda dapat melindungi diri, dan bertindak tak terkendali yang bertentangan dengan kepentingan Anda sendiri; yaitu jangka panjang dan terus menghasilkan keuntungan di pasar.

Jika Anda terus mengelola risiko pada setiap transaksi (misalnya, 2% dari account Anda), Anda dapat tetap tenang dan terus memantau pergerakan pasar.

Dapatkah Anda mempersiapkan diri untuk kemungkinan yang terburuk dengan demo account?

Apakah yang Anda lakukan pada akun demo mempunyai nilai tambah? Ya, pasti.

Namun, Anda harus selalu menyadari bahwa bertransaksi dalam demo NO EMOSI. Untuk itu, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memulai transaksi pada akun riil.

Syaratnya adalah bahwa Anda memiliki strategi trading forex yang dapat membawa keuntungan bagi Anda dalam jangka panjang. Uji strategi Anda sekitar dua sampai tiga bulan pada demo account forex sebelum Anda membuka akun riil dan kelola managemen risiko Anda.

Jika Anda tidak dapat menambah modal trading, untuk sementara waktu bertransaksilah di akun demo sampai Anda mampu untuk membuka akun riil dengan deposit minimal 500 sampai 1000 $.

Karena kita sekarang tahu bahwa trading dengan rekening demo, tidak ada emosi seperti pada akun trading riil, disarankan untuk selalu membawa sistem trading demo Anda ke akun riil.

Cobalah untuk membuat pengalaman trading Anda sendiri seNYATA mungkin, karena hanya inilah cara terbaik Anda dapat mempersiapkan diri pada perdagangan dengan uang sungguhan.

Bagaimana Anda menangani akun riil Anda seolah-olah itu demo account?

Setelah Anda berlatih menggunakan akun demo Forex Anda, untuk bertindak tanpa emosi dan menganalisa secara obyektif pasar, kemampuan ini perlu Anda transfer ke akun riil Anda.

Hal ini memang sulit untuk dijalankan. Tapi jika Anda memiliki tujuan jangka panjang, dan setiap saat selalu berpikir bahwa ini akan menguntungkan, Anda akan bisa berhasil.

Di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus Anda cari ketika Anda beralih dari akun demo ke akun riil.

Pikirkan NO uang yang dipertaruhkan, sehingga Anda tidak merasa kehilangan.

tutorial forex, belajar trading forex, cara belajar forex,belajar forexSeperti disebutkan di atas, Anda harus menggunakan uang untuk akun riil forex Anda bukan uang yang diperlukan untuk hal-hal penting lainnya. Seperti halnya dengan bisnis lainnya, investasi juga bisa digunakan untuk mencapai keuntungan jangka panjang.

Jika Anda bisa menganggap uang yang Anda investasikan di pasar mata uang “hilang”, Anda akan jauh lebih mudah untuk membuat keputusan secara obyektif tanpa dipengaruhi oleh emosi Anda.

Berpikirlah untuk berteman dengan kerugian pada transaksi Anda!

Banyak trader profesional rata-rata mengalami kerugian 40 – 60% dari transaksi mereka. Namun, mereka dapat merekam keuntungan sesuai rasio keuntungan / kerugian pada akhir bulan. Jadi tidak terjebak terhadap pemikiran kehilangan uang dan menerima kenyataan ini sebagai bagian dari bisnis ini.

Sebuah transaksi Forex tunggal juga berarti untuk keberhasilan jangka panjang Anda.

tutorial forex, belajar trading forex, cara belajar forex,belajar forexJangan selalu memikirkan tujuan jangka panjang saja dan menghindari melakukan transaksi tunggal. Bahkan kehilangan hari perdagangan tidak penting untuk tujuan jangka panjang.

Saya sarankan Anda untuk berpikir dalam beberapa pekan atau bulan. Ini salah satu cara untuk memastikan bahwa pandangan tujuan Anda memiliki efek positif pada account riil Anda.

Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda siap sebelum mengalami kerugian.

BERHARAP UNTUK MENANG DAN PASTIKAN SIAP KEHILANGAN.

Gunakan pengaturan ini untuk mengasumsikan bahwa setiap saat apa pun bisa terjadi dan siap menghadapi semua kemungkinan di pasar.

Keberhasilan Anda didasarkan pada berbagai transaksi. Jika tingkat menang Anda adalah sekitar 50%, Anda dapat kehilangan 50 dari 100 transaksi dan rasio keuntungan / kerugian dari 2:1 mencapai keuntungan yang cukup sebanding dengan modal Anda bekerja pada akhir bulan atau setelah beberapa bulan.

Apakah Anda memiliki strategi forex dan trading plan?

Setiap tindakan harus direncanakan. Mungkin salah satu strategi terbaik untuk melindungi diri dari tindakan emosional dalam perdagangan adalah merencanakan dengan baik setiap tindakan dan mengambil setiap kesempatan ke rekening.

Hal ini bukan untuk mengatakan bahwa rencana tidak dapat dirubah. Kemampuan beradaptasi dalam trading sangat penting untuk menanggapi situasi tak terduga. Namun, hal ini harus selalu dilakukan dalam mengejar tujuan jangka panjang – terus mendapat keuntungan dalam trading Forex.

Trading Forex lebih sulit dari yang Anda bayangkan, meskipun strategi forex Anda telah diuji dan terbukti menguntungkan dalam jangka panjang.