Panduan: Cara Beriklan Facebook Ads dengan Transfer Bank (Tanpa Kartu Kredit)

Beriklan Facebook Ads

Sejak transfer bank lokal ditambahkan dalam metode pembayaran facebook ads,  layanan periklanan facebook ini makin banyak saja peminatnya.
Lihat itu beranda facebook anda hari ini, dipenuhi dengan postingan ‘bersponsor’ kan?
Jika sebelumnya metode pembayaran yang dianggap agak ribet, seperti harus punya kartu kredit, akun paypal dan lain – lain.
Lain ceritanya untuk sekarang ini.
Siapapun anda yang ingin toko onlinenya diserbu banyak pelanggan baru, developer yang ingin aplikasinya banyak diunduh, atau anda seorang blogger yang sedang membangun brand blog anda melalui fanspage, ada baiknya anda coba beriklan dengan  facebook ads.
Kenapa harus facebook ads?
Murah, mudah, cepat dan efektif untuk mengenalkan usaha kita.

Jika anda ingin menggunakan layanan ini, simak langkah demi langkah cara beriklan facebook ads dengan metode transfer bank berikut ini.

Membuat Fanspage

Membuat fanspage merupakan langkah pertama anda, jika anda berhenti di langkah ini maka dapat dipastikan langkah anda selanjutnya juga bakal terhenti.
Sebenarnya facebook ads memang dikhususkan untuk fanspage, misal anda belum memiliki fanspage, buatlah sekarang juga melalui akun facebook anda dan caranya cukup mudah semudah anda membuat akun facebook dahulu.

Siapkan Produk yang Ingin Anda Promosikan

Setelah fanspage anda rampung dan siap, sekarang saatnya untuk melakukan promosi dengan postingan yang anda buat sendiri nantinya.
Ada beberapa jenis iklan dari facebook ads, seperti iklan dengan tujuan memperbanyak like fanspage, iklan untuk postingan, iklan untuk aplikasi smartphone dan masih banyak lagi yang lainnya.
Namun pada artikel ini saya gunakan contoh iklan untuk postingan karena saya anggap yang paling mudah dan efektif.


Sebagai contoh, saya akan membuat satu postingan tentang artikel terbaru dari blog saya seperti gambar berikut ini.
Beriklan Facebook Ads
Setelah kalimat promosi dan link sudah siap, sebelum menerbitkan postingan tersebut anda harus mengeklik Promosikan Kiriman atau Boost Post misal facebook anda menggunakan bahasa inggris.

Atur Target Pasar Anda

Inilah yang saya suka dari facebook ads, kita bisa mengatur ke siapa saja promosi tersebut akan dimunculkan, dan pada tahap ini anda tidak boleh sembarangan jika tidak ingin uang yang anda anggarkan untuk iklan terbuang tanpa hasil yang maksimal.
Sebelum menulis artikel ini saya sempat blogwalking ke blog – blog yang kebetulan membahas tentang facebook ads.
Pada kolom komentar, banyak blogger yang mengeluhkan ”kenapa reach (jangkauan) kiriman saya sedikit, kenapa kok yang interaksi dengan postingan saya sedikit padahal sudah pasang anggaran yang besar
Jika anda mempromosikan dua konten artikel yang berbeda, dengan anggaran yang sama, namun hasil jangkauannya jauh berbeda, bisa jadi memang setting pemirsa (target kiriman)anda yang kurang tepat.

Beriklan Facebook Ads

Sunting pemirsa anda agar postingan tersebut bisa benar – benar muncul kepada siapa anda ingin memunculkannya. Anda bisa menentukan target mulai dari Jenis KelaminUmurLokasi, dan Minat.
Mengapa anda perlu mentarget calon pemirsa?
Karena faktor tersebut sangat berperan untuk jumlah jangkauan dan interaksi dari calon pemirsa.
Semakin banyak yang like dan share, semakin luas pula jangkauan kiriman yang anda dapat.
Sangat tidak masuk akal jika anda mempromosikan artikel tentang parenting namun target yang anda tetapkan adalah pengguna facebook dengan umur 13 – 17 tahun bukan?
Setelah target pemirsa sudah anda  tentukan, jangan lupa untuk mengatur jumlah anggaran yang akan anda keluarkan, durasi iklan dan mata uang yang akan anda gunakan.
Klik Tetapkan Anggaran untuk melanjutkan pembayaran.

Pilih Metode Pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran, kita pilih ATM dan Bank Transfer sebagai metode pembayarannya kemudian Klik Lanjutkan seperti gambar di bawah ini
Beriklan Facebook Ads
Apabila setelah tahap ini ada pertanyaan berupa Gunakan Pembayaran Manual, maka centang dan iyakan saja. Selanjutnya Tinjau Pembayaran jika jumlah anggaran yang anda tetapkan sudah sesuai maka tinggal klik Lakukan Pembayaran.

Melakukan Pembayaran

Untuk mengetahui nomor rekening facebook, anda perlu melewati satu tahap lagi dengan mengeklik GET PAYMENT KODE, lihat gambar berikut
Beriklan Facebook Ads

Dan di dalam kotak merah pada gambar berikut ini merupakan nomor rekening facebook tujuan anda.
Perlu diingat, anda tidak perlu menyimpan nomor rekening ini karena setiap transaksi, kita akan diberikan nomor rekening yang berbeda – beda.
Beriklan Facebook Ads
Lakukan pembayaran melalui ATM maupun Internet Banking, untuk panduannya silahkan zoom pada gambar di atas.
Semoga bermanfaat. Salam.